Tentang Rendang dan Resep Membuat Rendang Padang Yang Enak

resep membuat rendang padang, cara membuat rendang padang
Rendang kering

Mendengar rendang bagi kita sudah tidak asing lagi. Ya, karena kuliner yang satu ini banyak ditemukan di rumah makan Padang/Minang baik yang ada di nusantara maupun di luar negeri.

Rendang, kuliner khas Padang

Rendang atau randang adalah suatu kreasi masakan yang berbahan utamanya daging (biasanya yang digunakan adalah daging sapi) diolah bersama dengan rempah-rempah khusus yang berasal dari Padang, Sumatra Barat yang bercita rasa pedas.

Dalam proses memasak rendang dibutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk menghasilkan rendang yang kering dan berwarna hitam pekat.

Rendang yang dimasak tidak sampai kering dan masih menyisakan santan dan warnanya coklat terang keemasan dinamakan kalio.

resep membuat rendang kalio, cara membuat rendang basah kalio
Rendang basah/kalio

Rendang sangat mudah sekali ditemukan, utamanya di rumah makan Padang/Minang. Makanan ini amat sangat populer bukan saja di Indonesia, tapi juga sudah dikenal sampai mancanegara.

Pada tahun 2011, rendang dinobatkan sebagai makanan peringkat pertama dalam daftar World's 50 Most Delicious Foods yang digelar oleh CNN International.

Filosofi Rendang

Rendang memiliki posisi terhormat dan punya filosofi tersendiri di kalangan masyarakat Minangkabau, yaitu musyawarah dan mufakat yang diambil dari empat bahan pokok yang melambangkan keutuhan masyarakat Minang, yaitu:

1. Dagiang (daging sapi), merupakan lambang dari "Niniak Mamak" (para pemimpin suku adat).

2. Karambia (kelapa), merupakan lambang "Cadiak Pandal" (kaum intelektual).

3. Lado (cabai), merupakan lambang "Alim Ulama" yang pedas, tegas dalam mengajarkan syariat agama.

4. Pemasak (bumbu), merupakan lambang dari keseluruhan masyarakat Minangkabau.

Jenis dan variasi rendang

1. Rendang kering
Rendang kering merupakan rendang sejati menurut tradisi masakan masyarakat Minang. Until menghasilkan rendang kering dibutuhkan waktu berjam-jam (sekitar 4 jam-an) hingga santan mengering dan bumbu meresap sempurna.

Rendang kering biasanya dihidangkan dalam acara-acara istimewa, seperti upacara adat, kenduri ataupun penyambutan tamu kehormatan.

Rendang kering berwarna gelap, agak coklat kehitaman. Jika dimasak dengan tepat, rendang kering bisa bertahan samapai 3 atau 4 minggu dalam suhu ruanagan.

Bahkan rendang kering bisa bertahan 1 bulan jika disimpan dalam kulkas dan bisa bertahan selama 6 bulan jika dibekukan.

2. Rendang basah
Rendang basah atau sering juga disebut kalio, adalah rendang yang dimasak lebih singkat dari rendang kering dan santannya belum mengering sempurna.

Rendang basah berwarna coklat terang keemasan dan lebih pucat. Jika disimpan di suhu ruangan, rendang basah hanya bisa bertahan kurang dari 1 minggu.

Variasi rendang
Bahan utama rendang biasanya menggunakan daging sapi secara umum, tapi bisa juga menggunakan daging kerbau dan daging kambing atau daging domba.

Selain itu, rendang juga bisa dibuat dengan berbagai macam bahan dasar sehingga menghasilkan variasi masakan rendang, seperti:
- rendang ayam,
- rendang bebek,
- rendang hati sapi,
- rendang telur,
- rendang paru,
- rendang ikan tongkol dan
- rendang suir

Resep membuat rendang Padang yang lezat

Bahan Daging Rendang :
- 1 kg Daging tanpa lemak, potong dan cuci bersih lalu tiriskan
- 3 butir kelapa tua parut, buat menjadi santan kental.

Bahan Bumbu (dihaluskan) :
- 20 butir Bawang merah
- 10 siung Bawang putih
- 2 ruas jari Jahe
- 1 ons Cabe merah giling
- 1 sdt merica

Bumbu lainnya :
- Lengkuas, dimemarkan
- 3 batang Sereh, geprek bagian putihnya
- 3 buah Bunga pekak
- 5 lembar Daun jeruk
- 3 lembar Daun salam
- 2 lembar Daun kunyit, sobek-sobek

Bumbu Pelengkap:
- 1 sdm Kelapa serundeng giling (kelapa parut di sangrai sampai berwarna coklat, kemudian di giling halus hingga keluar minyaknya)
- 1 sdm Hati sapi rebus, di giling halus
- 1 sdm Air asam
- Garam, secukupnya
- Gula pasir, secukupnya

Cara Membuat Rendang Padang :
1. Ungkep daging dengan bumbu halus, biarkan air daging keluar dan tunggu hingga air ungkepan kering.

2. Tuang santan, kemudian masukkan semua bumbu kecuali bumbu pelengkap, dan aduk hingga rata.

3. Aduk-aduk santan hingga santan mendidih dan jangan sampai santan pecah.

4. Kecilkan api, masak sampai daging rendang dan bumbu mengeluarkan minyak.

5. Masukkan bumbu pelengkap daging rendang padang, aduk rata.

6. Masak terus sambil sesekali diaduk-aduk agar tidak lengket. Masak sampai bumbu rendang agak mengering atau berdedak dan berwarna coklat.

7. Sajikan dengan nasi hangat.

Tips tambahan untuk menghasilkan rendang yang lezat

1. Biasanya untuk menghasilkan daging rendang yang empuk silahkan anda pukul-pukul dahulu daging yang akan dibuat rendang, baru kemudian di ungkep.

2. Bila ingin hasil daging yang lebih empuk dan rempah-rempahnya meresap, biasanya pengolahan rendang diungkep semalaman penuh.

3. Saat memasak menggunakan santan agar santan tidak pecah, cara yang sebaiknya dilakukan adalah Gunakan gerakan menimba saat mengaduk-aduk santan ketika proses memasak. Hal ini bertujuan untuk mencegah agar santan tidak pecah saat dimasak.

4. Untuk penyajian rendang setelah jadi silahkan tambahkan kuah gulai, lado ijo, daun singkong dan telur dadar khas Padang, agar santapan anda semakin menggugah selera.

Itulah sedikit penjelasan dari blog RKM tentang rendang Padang yang dirangkum dari wikipedia dan resep pembuatan rendang Padang yang lezat. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tentang Rendang dan Resep Membuat Rendang Padang Yang Enak"

Post a Comment